Cara pemesanan produk kami: Bisa menghubungi kami melalui Whatsapp,Instagram, dan Facebook Pada mediasosial kami Instagram terdapat link Whatsapp kami yang langsung dapat dihubungi setelah itu kirim pesan kepada kami tentang pemesanan yang akan di pesan untuk pemesanan bisa request rasa dan ingin di kemas dengan plastik atau tidak Layanan: Untuk pembayaran dapat berupa cash/non cash Untuk pengambilan barang dapat melalui cod dan dapat di ambil langsung di tempat kami
PROFIL USAHA
1.1. Latar belakang
Jagung
merupakan bahan pangan alternatif untuk dikembangkan sebagai penyokong
kebijakan keanekaragaman pangan terutama dilihat dari kedudukanya sebagai
sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras. Meningkatnya laju
pertumbuhan penduduk dan permintaan kebutuhan industri dan pakan turut
mendorong perkembangannya. Investasi industri pengolahan jagung memiliki
prospek yang cukup baik karena banyak sekali pohon industri yang bisa
dihasilkan dari tanaman jagung. Banyak produk pangan maupun non pangan yang
berbahan baku jagung, seperti tepung jagung, maizena, minyak jagung, sirup
jagung, etanol dan berbagai makanan ringan (snack).
Usaha yang ingin kami lakukan ialah usaha di bidang makanan.
Makanan yang saya pilih di sini adalah jagung kukus. Jagung kukus di sini ada
berbagai macam rasa diantaranya jagung manis, jagung pedas, jagung keju DLL. Di
sini saya akan mendirikan sebuah tempat untuk berjualan jagung manis dan sekalian
untuk tempat nongkrong anak muda, mahasiswa dan semua kalangan. Karena di sini
tidak ada pembatasan usia baik yang muda maupun yang tua bisa membeli jagung manis
ini.
Selain
mempertimbangkan kemudahan dalam pengolahan, dengan berbagai inovasi yang
dilakukan dibandingkan produk jagung lainnya, JASUKE berpotensi untuk dikembangan di wilayah
sekitar Kampus. Hal ini didukung pula oleh luasnya segmentasi pasar yang
dicakup oleh produk jajanan ini
serta pula harga yang tergolong terjangkau untuk kantong para mahasiswa.
1.2. VIsi dan Misi Usaha
Visi
Menjadi Usaha jagung manis dengan pelayanan terbaik dan kualitas rasa yang unggul
Misi
1.3. Tujuana. Meningkatkan kualitas rasab. Meningkatkan kualitas pelayanan yang ramah, tepat, dan bermutu.
1. Tujuan Pendirian usaha
Usaha ini saya dirikan agar para
konsumen dapat membeli jagung susu
keju ( JaSuKe) dengan rasa yang mereka inginkan. Selain itu dengan adanya usaha jagung susu keju ( JaSuKe) ini menjadi
peluang bagi kami untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis,
agar meraih keuntungan yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan
bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
2.
Tujuan
Pembuatan proposal
Proposal yang saya buat ini bertujuan
untuk :
1) Sebagai tugas
mata kuliah manajemen strategi
2) Untuk menambah
pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.
3) Sebagai media yang bisa
diaplikasikan oleh calon pengusaha lain yang ingin mengolah produk dari jagung.
1.4. Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya
tujuan adalah semua
kalangan yaitu mulai dari anak-anak, para mahasiswa maupun kalangan orang tua.
1.5. Nama usaha
Kami mendirikan usaha ini dengan nama “jagung susu keju ( JaSuKe)SKUY’’.
1.6. Tempat usaha
JL.KEMETIRAN KIDUL NO35
1.7. Waktu oprasional
Usaha Jagung Susu Keju ini buka mulai
dari pukul 09.00 s/d 19.00 WIB.
BAB
II
ASPEK
PEMASARAN
2.1.
Segmentasi,
Targeting, Positioning
a. Daerah Pemasaran (Market Segmenting)jagung susu keju ( JaSuKe)SKUY mempunyai skala pemasaran samping kampus IPB Dramagab. Pasar Sasaran (Market Targeting)jagung susu keju ( JaSuKe)SKUY ini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa namun juga tersedia menu untuk anak-anak, dan remaja, sehingga sasaran pemasarannya ini cukup luas.c. Positioningjagung susu keju ( JaSuKe)SKUY merupakan makanan cemilan sehat dan terjangkau di berbagai kalangan karena disajikan dengan kemasan khusus dan tanpa menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.
2.2.
Maketing Mix
1. Product ( Produk )Produk jagung susu keju ( JaSuKe)SKUY yang di produksi merupakan produk berbahan baku jagung manis yang di rebus dan di sajikan secara hangat, produk yang dihasilkan tanpa menggunakan bahan pengawet maupun penyedap rasa, sehingga kandungan gizi dan serat dalam jagung tersebut tetap terjaga. Kemasan yang di gunakan cup atau gelas 100 gram berbahan plastik.2. Price ( Harga )Harga satuan dari jagung susu keju ( JaSuKe)SKUY bervariasi antara Rp. 3000 s/d Rp. 5000 sesuai dengan rasa yang di inginkan oleh konsumen.
3. Promotion ( Promosi )
Promosi
dilakukan dari mulut ke mulut, pemasangan brand produk pada
gerobak dan memberikan pelayan yang baik dan ramah
kepada setiap konsumen.
4. Place ( Lokasi )
Lokasi yang akan kami pilih adalah di
sekitar wilayah kampus dan menjadikan mahasiswa sebagai sasaran utama
dikarenakan adanya sifat konsumtif mahasiswa terhadap jajanan ringan yang
mengenyangkan, terlebih jagung susu
keju ( JaSuKe)skuy yang kami produksi
mempunyai nilai gizi yang tinggi serta pula harganya yang terjangkau.
2.3. Analisis SWOT dalam
perkembangan usaha
Ø Strenght (kekuatan):1. Harganya yang terjangkau.2. Mempertahankan cita rasa dari jagung manis.3. Tersedianya macam rasa yang bisa dipilih konsumen.4. Pelayanan yang baik.Ø Opportunity (Peluang):1. Pesaing yang banyak akan membuat usaha jagung bakar saya tampil beda dari para penjual jagung manis susu keju2. Mempunyai relasi yang baik antara penjual jagung dan penyetor jagung3. Tempat yang strategis dan bisa dijadikan tempat nongkrong para anak muda.Ø Weakness (kelemahan):1. Karena memasak jagung manis membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga konsumen agak bosan menunggunya.2. Keterbatasan modal untuk membuka cabang lain.3. Tidak dapat memenuhi pesanan dalam jumlah banyak, karena produk dibuat dalam jumlah terbatas dan waktu yang cukup lama.Ø Threat (Ancaman):1. Ada sebagian jagung yang busuk yang dibeli di petani jagung, yang mengakibatkan kerugian.2. Banyaknya para penjual jagung lainnya yang bersaing untuk menarik hati para konsumen.3. Apabila tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan maka akan mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen.4. Apabila tingkat motivasi karyawan rendah maka akan mempengaruhi jumlah produksi
BAB
III
ASPEK
PRODUKSI
3.1. Spesifikasi Produk
Produk
yang dibuat oleh JaSuKeskuy ialah produk jagung manis aneka rasa yang dikemas dalam cup.
JaSuKeskuy merupakan salah satu jajanan yang bergizi, enak dan memiliki banyak
rasa sesuai keinginan konsumen. Bahan dasar JaSuKeskuy ialah jagung manis pretel
yang dikukus. Topping yang digunakan sebagai tambahan rasa ialah rasa manis
(meisses), asin (BBQ), pedas (balado), keju, karamel, saus strawberry, saus
blueberry dan masih banyak variasi rasa lainnya. Sebagai bahan pelengkap,
jagung manis ini menggunakan mentega untuk menambah cita rasa gurih pada jagung
manis. JaSuKeskuy memiliki manfaat sebagai jajanan sehat yang memiliki banyak
varian rasa. JaSuKeskuy merupakan jajanan yang cukup mengenyangkan dan juga
bergizi, karena bahan dasar jagung manis yang digunakan serta topping yang
sangat beragam.
1.2.
Penentuan Kapasitas dan Rencana Produksi
JaSuKeskuy
memiliki kapasitas produksi 910 cup per bulan dengan rincian 6 hari kerja per
minggu dengan kapasitas 35 cup per harinya. Untuk perencanaan strategis, proyeksi
kapasitas dilakukan dalam jangka minimal 6 bulan ke depan, sesuai dengan rencana produksinya.
1.3.
Proses produksi
Di dalam proses
Pembuatan JaSuKeskuy relative mudah, yang perlu dipersiapkan ialah jagung
manis yang sebelumnya dicuci terlebih dahulu
dengan air bersih dan kemudian dipreteli dari bonggolnya. Selanjutnya jagung dikukus selama 15
menit sampai empuk. Setelahnya jagung sudah bisa disajikan dengan topping yang
diinginkan. Perlu diketahui proses pengukusan
jagung ini dapat dilakukan langsung ditempat penjualan, Jagung bisa selalu ada dalam kondisi hangat
karena selama penyajian jagung masih berada dalam kukusan. Untuk penyajian bagi
konsumen : konsumen yang memesan JaSuKeskuy akan diberikan satu cup jagung manis kukus yang sudah
diberi margarine sebagai penambah rasa. Untuk pelengkap rasa, konsumen bisa
memesan topping yang diinginkan sesuai selera
1.4.
Bangunan, Mesin, Peralatan
Bangunan
sebagai tempat produksi masih menggunakan rumah pemilik yang berada di Jl. Raya
cibungbulang kmp. pos.
Untuk
mesin dan peralatan produksi dapat dilihat di bawah ini :
Nama
mesin /peralatan
|
Jumlah
unit
|
1.
Kompor + tabung
|
1
unit
|
2.
Kukusan
|
1
unit
|
3.
Baskom + centong
|
2
unit
|
4.
Peralatan lain
|
1Unit
|
3.5.
Kebutuhan
Bahan Baku, Bahan Pembantu dan Bahan Pendukung
Berikut
merupakan kebutuhan bahan baku, bahan pembantu dan bahan pendukung yang
diperlukan JaSuKe SKUY untuk masa produksi satu bulan :
Nama
bahan baku
|
Jumlah
unit
|
1.
Jagung
|
7
kg
|
2.
Gas
|
1
unit
|
3.
Air
|
1
galon
|
4.
Margarine/mentega
|
1
bungkus
|
5.
Susu kental
|
2
kaleng
|
6.
Bumbu (balado, BBQ)
|
2
bungkus
|
7.
Selai ( strawberry, blueberry)
|
2
bungkus
|
8.
Meisses
|
1
bungkus
|
9.
Keju
|
1
bungkus
|
3.6.
Tenaga Kerja
Tenaga
kerja yang digunakan oleh JaSuKe378 berjumlah
2 orang yang terdiri dari pemilik usaha. Dengan pembagian kerja
structural sebagai Direktur, Manajer Produksi, Manajer Pemasaran, Manajer
Keuangan, dan Manajer SDM. Sedangkan untuk pembagian kerja fungsional akan
dikerjakan secara bersama-sama.
3.7.
Penentuan Lokasi dan Tata Letak Usaha
Lokasi
tempat JaSuKe378 ini dijual ialah di sebuah stand gerobak etalase yang terletak
di samping Kampus Institut Pertanian Bogor ( IPB).
BAB IV
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DAN
ORGANISASI
1.1.
Rencana Bentuk Usaha dan Struktur Organisasi
SDM
merupakan kunci inti dari keberlangsungan suatu kegiatan ataupun usaha. Tanpa
adanya SDM maka suatu kegiatan ataupun usaha pastilah tidak akan mungkin ada,
karena SDM dapat berfungsi sebagai perencana, pelaku, pengawas usaha dsb. Untuk
itu JaSuKe378 melakukan perencanaan SDM guna menjalankan usahanya yang terdiri
dari 2 orang pemilik usaha dan semua dirangkap menjadi satu dengan pembagian
tugas yang telah disepakati yang terdiri atas Manager Produksi, SDM, Keuangan
dan Pemasaran.
BAB
V
ASPEK
KEUANGAN DAN KELAYAKAN USAHA
5.1. Jumlah dan
Struktur Permodalan
Kebutuhan modal kerja pada JaSuKeSKUY meliputi biaya
kebutuhan modal kerja. Perincian kebutuhan moda kerja JaSuKeSKUY dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 5.1. Kebutuhan Biaya Investasi
dan Modal Kerja
Keterangan
|
Biaya (Rp)
|
Keterangan
|
Biaya (Rp)
|
1.
|
Modal Kerja
|
2.170.000
|
Modal Sendiri
|
2.170.000
|
Total
|
2.170.000
|
Total
|
2.170.000
|
Adapun perincian bahan-bahan dan alat-alat nya adalah sebagai berikut :Ø Modal alat :Gerobak :Rp 1.800.000Gas :Rp 135.000Kompor :Rp 80.000Regulator :Rp 60.000Selang gas :Rp 15.000Jumlah :Rp 2.090.000Ø Modal bahan3 pak gelas : Rp 30.0002 bungkus sendok : Rp 10.000Jagung 7 kg : Rp 21.000Susu kental : Rp 9.000Keju : Rp 17.000Toples : Rp 10.000Jumlah : Rp 97.000Jumlah total modal awal : Rp 2.090.000 + 97.000 = Rp 2.187.0005.2. Target Minimum PenjualanTarget minimum produksi perhari7 kg jagung / hari : Rp 21.000 35 cup atau gelasTarget omset minimum perhari35 cup atau gelas × Rp 3.000 =Rp. 105.0005.3. Pengalokasian DanaBeban biaya yang dikeluarkan setiap harinya :Bahan baku jagung :Rp 15.000Sewa tempat :Rp 10.000Konsumsi :Rp. 20.000Gaji 2 orang :Rp 20.000Kas :Rp 20.000Akomodasi :Rp 10.000Lain-lain :Rp 10.000Jumlah :Rp 105.000Jumlah total laba bersih selama sebulan( 26 hari) :Rp20.000 × 26 hari = Rp 520.000
BAB VI
PENUTUP
Kesimpulan
Menurut hasil survey pasar yang telah kami lakukan kemungkinan usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun banyak pesaing yang menjual jagung manis ini tetapi dengan sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan. Untuk itu perlu adanya ttalitas dalam mengembangkan usaha jagung susu keju ini, tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya serta bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, maka tidak akan main-main dalam melakukan dan mengembangkan usaha ini.Demikin proposal ini kami buat sebagai pedoman dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur keberhasilan usaha. Semoga usaha jagung manis yang saya dirikan ini dapat berjalan sukses.
Comments
Post a Comment